………………Home - Post

Kisah Koas: Apa Adanya

Halo semuanya! Apa kabar? Semoga selalu sehat dan luar biasa. Kali ini gue mau membahas mengenai kehidupan koas gue yang mengharuskan gue untuk berhemat. Tanpa panjang lebar langsung ke inti permasalahan!

Hidup sebagai koas itu pasti bakal punya pengeluaran yang besar. Apalagi sewaktu pre-klinik, jauh lebih jor-joran.  Waktu pertama kali masuk pre-klinik, pengeluaran yang paling besar yang awalnya gue rasa sangat perlu adalah buat beli buku. Yes, buku-buku kedokteran selain terkenal dengan ketebalannya yang melebihi make-up artis, terkenal juga akan harganya yang fantastis. Buku fisiologi, buku anatomi, buku patofisiologi, dan berbagai buku lainnya paling enggak harus mengelontorkan uang 500 ribu. Buat gue 500 ribu bisa buat bertahan hidup 2 taun kali. Jadi akhirnya gue lebih memutuskan untuk mencari e-book bajakan. Bukannya gue mendukung piracy, tapi ya mau gimana, duitnya bisa dipakai untuk sesuatu yang lebih berguna. Tapi jujur aja, membaca buku yang literally buku dibanding sama baca e-book emang lebih enak baca yang ada bentuk fisiknya. Kelebihannya, mata lebih gak capek kalau baca dari buku langsung, bisa dicorat-coret sesuka hati, mau bolak-balik halamannya juga lebih gampang. Kekurangannya satu, bawanya repot. Apalagi kalau buku-buku yang tebel kayak Sobotta, Harrison. Itu udah keitung arm-day kali. Tapi buat makhluk-makhluk duafa seperti gue ini, gue tentu lebih memilih e-book. Atau cara paling mudah ngakalinnya adalah biasanya gue pinjem buku di perpustakaan, jadi ga perlu keluar duit. Tau ga apa itu perpustakaan? ML mulu sih lu.




Setelah masalah duit buku berhasil ditangani, masalah pengeluaran lain yang perlu diperhatikan adalah jajan. Jajan ini ibarat kata sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit. Ngemil 5 ribu, 5 ribu, 5 ribu, tiba-tiba sehari udah abis 100 ribu aja. Jadi gue belajar untuk menahan nafsu makan gue sejak gue kuliah di kedokteran. Sebenernya gue sudah berhasil menahan nafsu makan sejak jaman SMA. Apalagi di tempat gue bernaung ini, ongkos kehidupan rasanya lebih tinggi, sehingga begitu gue gagal menahan nafsu, dompet gue akan menangis lebih awal. Terkadang gue akhirnya membuang duit buat beli makan bukan karena gue laper, tapi karena gue diajak temen gue makan. Karena rasanya ga enak gitu, di saat temen lu makan, terus lu cuma ngeliatin aja.

Biasanya dalam sehari, gue selalu beli makan hanya 1x yaitu waktu makan siang. Nah di RS gue ini kebetulan sekali tersedia beberapa kantin yang harga makanannya ga terlalu mahal. Biasanya sehari buat makan gue keluar 20 ribu. Bagaimana biar bisa kenyang dengan hanya 20 ribu? Caranya adalah dengan berbaik hati dan ramah sama yang jual makanan. Beneran ini. Gue selalu dikasih porsi lebih, tapi dengan harga yang sama. Bahkan kadang nasi putihnya dikasih 2 porsi. Jadi untuk permasalahan perut, gue sudah sukses berhemat juga. Oh iya, satu lagi, gue tidak akan pernah menolak ketika temen gue memberikan traktiran, berupa makanan alias jajanin. Ini merupakan kesempatan berhemat yang paling baik.

Berikutnya pengeluaran yang paling berdampak di dalam kehidupan gue adalah biaya parkir. Sebenarnya hal ini bisa ditekan kalo aja gue memilih untuk jalan kaki atau naik angkot. Masalahnya, gue ini tipe manusia yang mudah sekali keringetan. Kalo gue jalan, sampe di kampus pasti basah semua. Terus gue harus mandi lagi gitu? Nah, kalo gue milih naik angkot, masalah yang harus gue hadapi kurang lebih sama. Rumah gue itu lokasinya berada di paling dalem kompleks perumahan, sehingga buat sampe ke pintu depan yang ada angkotnya, paling enggak gue harus jalan 10-15 menit. Itu keringet udah bercucuran pula. Akhirnya ya solusi terbaik gue bawa mobil sendiri. Kenapa gue tidak memilih naik sepeda ato motor? Simple, gue ga bisa naek kendaraan beroda dua. Akhirnya minimal sehari gue harus keluar ekstra 15 ribu. Dulu parkiran gue sempet promo cuma bayar 1 rupiah, tapi sayang udah ga ada sekarang. Tau kan yang ada promo parkir 1 rupiah?

Beberapa solusi yang pernah gue lakukan semasa pre-klinik adalah nebeng. Yakh, dengan menebeng gue berhasil melakukan penghematan maksimal. Bahkan ada satu temen gue cewek yang hampir tiap hari gue tebengin, padahal rumahnya ga searah. Ngerepotin sih, tapi.. bodo amat, aku harus survive. *maafkan pihak yang merasa disebut*




Itu adalah beberapa cara yang berhasil gue lakukan untuk berhemat. Buat rakyat kecil seperti gue, penghematan ini sangat bermanfaat untuk bisa bertahan hidup sehari-hari. Gue belajar untuk bisa menentukan mana yang kebutuhan mana yang keinginan. Gue belajar untuk bisa menahan diri. Gue belajar buat sabar. Gue belajar untuk memprioritaskan sesuatu. Emang gak bisa dipungkiri, kadang susah banget kalo udah yang namanya liat orang lain do something with their money. Rasanya kepengen juga gitu, tapi di situlah letak belajarnya.

Prinsip gue adalah, gue masih make duit dari ortu. Ortu menitipkan uang buat dipake hal-hal yang memang seharusnya perlu, dan sudah seharusnya kita make uang titipan itu sesuai dengan pesan mereka. Selama gue belom pegang uang dari hasil jerih payah sendiri, gue masih merasa malu ato segen make uang dari ortu itu buat memenuhi keinginan-keinginan gue. Sesekali sih gak apa, tapi tentu harus kita buat batasan-batasan yang jelas, misalnya pakai sistem reward kayak kalau dapet nilai bagus (ga berlaku buat yang otaknya encer) atau achieve goal tertentu atau mungkin tiap sebulan sekali uangnya dipake buat hal-hal di luar kebutuhan, atau gimana deh caranya yang penting bisa membatasi diri sendiri.

Tipe-tipe seperti gue ini yang susah kalo punya cewe. Yang ada cewenya yang bayarin gue apa-apa hahahahha... *sambil nangis di pojok*

Mungkin karena itu gue masih single ampe sekarang (anti ngomong jomblo). Yang bisa gue lakukan hanya menunggu cewek yang bisa menerima gue apa adanya. Bukan ada apanya... *nangis lagi ke pojok*

Ada perkataan seperti ini "money can't buy happiness". Menurut gue duit jelas bisa membeli kebahagiaan, tergantung cara pandang tiap orang melihat kebahagiaan itu seperti apa. Buat gue, kebahagiaan itu jadi dokter yang oke, hidup cukup, punya istri 1 dan anak 2 yang taat beribadah, mobil 1, rumah 1 ga usah gede-gede amat, bisa menyenangkan keluarga, bisa berguna buat orang di sekitar. Perlu duit? Ya perlu lah, makanya perlu money sebagai part dari happiness itu. Dikira duit tinggal cabut dari pohon kelor, makanya kerja keras! JANGAN NGEPET!



Mungkin segini dulu posting gue, kita lanjut lain kali lagi masih di perihal dunia koas. Semoga kisah gue bisa menginspirasi kalian untuk menjadi orang yang lebih bisa berhemat. See ya!


"Money can buy you a fine dog, but only love can make him wag his tail"

- Kinky Friedman -

No comments:

Post a Comment