………………Home - Post

Berbagi Ilmu: Istilah Medis (Muskuloskeletal)


Hello again guys! Di post gue kali ini, gue akan berbagi mengenai istilah-istilah medis yang para ahli medis gunakan dalam membahas hal-hal yang berbau muskuloskeletal. Istilah-istilah medis inilah yang nantinya akan menjadi bahasa sehari-hari gue dalam bergaul. So, let us start!!

Istilah-istilah tentang gerakan sendi



Gerakan aktif dan pasif
Jadi, gerakan sendi itu kita bagi menjadi dua yaitu gerakan yang aktif dan pasif. Gerakan aktif merupakan gerakan yang dihasilkan dari aktivitas otot kita sendiri. Sebaliknya dengan gerakan pasif. Gerakan pasif adalah gerakan yang dihasilkan dari adanya paksaan/dorongan dari luar badan kita sendiri misalnya aja kalo kita temen kita ngangkat tangan kita.

Abduksi dan aduksi
Gerakan abduksi dan aduksi bisa terjadi di beberapa lokasi di badan kita. Sebut aja di bahu, pinggul, di sendi metacarpophalangeal, dan sendi metatarsophalangeal. Nah, mulai bingung kan. Nama-namanya mulai nyerempet bahasa Latino. Jadi gue akan kasih gambarnya aja biar kalian yang awam-awam bisa ngerti :) Let's see... Um...

http://www.eorthopod.com/sites/default/files/images/hand_anatomy_mcp01.jpg

http://img.webmd.com/dtmcms/live/webmd/consumer_assets/site_images/media/medical/hw/hwkb17_029.jpg

Got it guys? Oke lanjut! Gerakan abduksi adalah gerakan yang menjauhkan anggota tubuh kita dari garis tengah badan, sedangkan gerakan aduksi adalah sebaliknya, yaitu gerakan yang mendekatkan anggota tubuh ke garis tengah badan. Khusus untuk tangan dan kaki, garis tengah yang digunakan untuk acuan gerakan jari-jari kita adalah garis sepanjang jari tengah sampai ke badan. Let's use some picture to make it more clear...

http://img.tfd.com/mk/A/X2604-A-18.png

http://anatomystudybuddy.files.wordpress.com/2012/09/abduction-adduction2.jpg

Fleksi dan ekstensi
Gerakan fleksi dan ekstensi terjadi antara lain di bagian siku, metacarpophalangeal, interphalangeal (jari), dan lutut. Istilah gampangnya, fleksi itu menekuk, kalo ekstensi itu kebalikan dari arahnya fleksi. Ini contoh-contohnya...

http://anatomystudybuddy.files.wordpress.com/2012/09/extension-flexion.jpg


Ada beberapa gerakan fleksi-ekstensi yang menurut gue perlu kalian perhatikan lebih karena sering ketuker antara fleksi dengan ekstensinya (soalnya bisa nekuk ke dua arah). Misalnya fleksi-ekstensi pergelangan tangan (fleksi yang nekuknya ke arah dalam, bukan ke luar), terus fleksi-ekstensi dari metacarpohalangeal (sama kayak pergelangan tangan), dan terakhir fleksi-ekstensi dari metatarsophalangeal.

Dorsifleksi dan plantar (palmar) fleksi
Dua istilah ini sama-sama pake fleksi, which is make it more difficult buat diinget dan makin sering ketuker. Gerakan ini terjadi antara lain di ankle dan sendi metatarsophalangeal. Dorsifleksi adalah gerakan dari kaki atau jari kaki kita ke arah dorsal. Sedangkan plantar fleksi adalah gerakan dari kaki atau jari kaki kita ke arah plantar. Nah, to make it easier, kalian harus apal 2 istilah ini: DORSAL dan PLANTAR, supaya gak ketuker-tuker nantinya. Kalau di kaki, dorsal adalah area dari punggung kaki, dan plantar adalah area telapak kaki. In general, dorsal adalah bagian belakang, dan bagian depan kita sebut ventral. Istilah plantar cuma kita gunakan untuk di kaki aja, gak sampe ke badan-badan. Oh, dan untuk di tangan, bagian telapak tangan kita sebut dengan istilah palmar.


http://accweb.itr.maryville.edu/myu/image/1.gif

http://content.answcdn.com/main/content/img/oxford/Oxford_Sports/0199210896.dorsiflexion.1.jpg

Eversi dan inversi
Gerakan eversi dan inversi terjadinya di bagian sendi subtalar dan midtarsal dari kaki. Again, another term come out for you guys!! Eversi adalah gerak mengarahkan bagian plantar kaki ke arah luar. Inversi sebaliknya, adalah gerak mengarahkan bagian plantar kaki ke arah dalam. Picture please!

http://www.footdoc.ca/www.FootDoc.ca/foottwst.gif

Oh, dan buat kalian yang gak tau apa dan di manakah sendi subtalar dan midtarsal itu..

http://www.run3d.co.uk/images/foot.jpg

Rotasi internal dan eksternal
Gerakan ini disebut juga dengan rotasi medial (internal) dan rotasi lateral (eksternal). Gerakan ini terjadi di bahu kita, pinggul, dan sedikit di lutut. Rotasi medial adalah gerakan di mana bagian anterior dari tungkai kita diputar ke arah dalam . Rotasi eksternal adalah gerakan di mana bagian anterior tungkai kita diputar ke arah luar.

http://www.maloneyperformance.com/Blog/wp-content/uploads/2012/01/Tibial-rotation.jpg

Pronasi dan Supinasi
Gerakan ini terjadi dari bagian lengan bawah sampai ke siku dan sendi pergelangan tangan dan dari tungkai bawah sampai sendi midtarsal. Untuk yang di lengan bawah, gerakan pronasi adalah gerak mengarahkan bagian palmar dari tangan ke bawah. Supinasi sebaliknya, gerak mengarahkan bagian palmar dari tangan ke atas. Untuk yang di kaki, istilah pronasi dan supinasi digunakan jika ada deformitas (kelainan bentuk) di kaki kita, yaitu kelainan pada posisi kaki yang selalu ada di posisi inversi maupun eversi. Jika kaki kita selalu mengarah secara eversi maka disebut dengan pronasi. Kalau selalu mengarah secara inversi, kita sebut dengan supinasi. So, perlu dibedain ya istilah pronasi dan supinasi di tangan dan kaki!! Pronasi atau supinasi di kaki menandakan adanya kelainan, beda sama yang di tangan.

http://www.shoedoc.se/Skoeng-filer%5C110-4.gif

http://d7c2b0wpljtwf.cloudfront.net/var/ezwebin_site/storage/images/media/images/e-anatomy/anatomical-terms-of-location-position-motion/supination-pronation/2511136-1-eng-GB/supination-pronation_medical512.jpg

Jadi gimana guys? Udah lebih paham kan? Masih ada beberapa jenis gerakan-gerakan lainnya, tapi kira-kira yang menurut gue cukup penting untuk kalian ketahui adalah yang gue bahas di atas ini. Di post berikutnya, gue akan membahas lebih lanjut tentang istilah yang digunain untuk ngejelasin deformitas di tungkai bawah. One more thing! Inget ya, jangan samakan KAKI dengan TUNGKAI BAWAH. Itu adalah 2 hal berbeda yang kalo kita ceplas-ceplos sering disamain artinya tanpa kita sadar karena emang udah kebiasaan kita nyebut tungkai bawah itu dengan istilah kaki.

Tungkai bawah itu ini...



Have a good day and God Bless :D Sekiranya post gue bisa membantu hehe...

No comments:

Post a Comment