………………Home - Post

Berbagi Ilmu: Istilah Medis (Muskuloskeletal) Part 2

Oke guys, saatnya melanjutkan pembahasan tentang istilah medis lagi. Kayak yang udah gue bilang di post sebelumnya, kali ini gue akan membahas mengenai istilah medis yang dipake untuk mendeskripsikan deformitas di tungkai bawah kita. Oke, langsung saja.

Secara umum, kita membagi deformitas menjadi 4 yaitu: postural deformity, static deformity, dynamic deformity, dan structural deformity. Postural deformity ini berhubungan dengan postur badan kita dan bisa diperbaiki lewat gerakan otot si penderita sendiri. Sebut aja contohnya itu kondisi kyphosis atau lordosis pada tulang belakang kita.

http://www.therapycouch.com/Images/MT.AP.Deformities.Kyphosis.jpg


http://www.therapycouch.com/Images/MT.AP.Deformities.Lordosis.jpg

Static deformity berhubungan dengan adanya peran gravitasi saat tubuh kita tidak bergerak. Dynamic deformity terjadi akibat gerakan otot si penderita sendiri (tanpa sadar) dan biasanya bisa dikoreksi secara pasif. Dan yang terakhir, structural deformity adalah deformitas yang tidak bisa dikoreksi secara pasif. Misalnya saja sendi-sendi di kaki yang mengalami structural deformity tidak akan bisa melakukan pergerakan meskipun dengan bantuan.

Calcaneus dan equinus
Calcaneus dan equinus adalah deformitas yang terjadi hanya di bagi ankle. Calcaneus adalah kondisi deformitas di mana kaki kita ada di posisi dorsifleksi sehingga yang menjadi penumpu hanya bagian tumit saja. Sedangkan equinus adalah kondisi di mana posisi kaki kita selalu plantar fleksi sehingga yang menjadi tumpuan adalah kaki bagian depan kita (kayak orang jinjit). Btw, masih inget kan bedanya dorsifleksi sama plantar fleksi? Jangan sampe ketuker!!

http://www.nursing-help.com/wp-content/uploads/2011/08/image60.png

Cavus dan planus
Nah, kalo cavus dan planus, dua kelainan ini cuma terjadi di kaki aja. Cavus adalah kondisi di mana lengkungan kaki kita terlalu berlebihan sehingga terlihat seperti jembatan. Planus kebalikannya, kaki kita jadi terlihat rata karena lengkungannya menurun dari posisi normal. Jadi inget waktu dulu kaki gue planus. Gue harus make sepatu khusus gitu yang harganya mahal biar kaki gue bisa normal lagi. Alhamdulilah setelah beberapa tahun make, kaki gue normal...., kayak sirip dugong. Oh ya, ada juga kondisi yang disebut calcaneocavus yaitu jika ada kombinasi deformitas antara calcaneus di kaki bagian belakang dan equinus di kaki bagian depan. Rumit banget ya itu bentuk kakinya..

http://www.drsoroushkhoshroo.com/uploads/1/0/5/2/10528316/5289977_orig.jpg

http://www.sciencephoto.com/image/593285/350wm/C0209234-Foot_deformations,_artwork-SPL.jpg

Internal torsion dan external torsion
Internal dan external torsion menandakan adanya kondisi tulang panjang yang memutar dari sumbu longitudinal. Bahasa gampangnya, tulang kita melintir lah.... Antara melintir ke kiri ato ke kanan. Nah, biasanya kondisi ini terjadi di tulang panjang tibia atau femur. Apa itu tibia dan femur? Tibia itu tulang kering, femur itu tulang paha. Pada internal torsion, bagian anterior (depan) dari ujung distal (bawah/yang jauh dari badan) tulang kita muter ke arah dalam. Jadi tulang yang harusnya ngarah ke depan, sebagian jadi ngarah ke samping.Sebaliknya dengan external torsion. Kalo ini muternya ke arah luar.

http://www.eorthopod.com/sites/default/files/images/child_rotational_def_causes01.jpg

Anteversion dan retroversion
Anteversion dan retroversion mengacu pada hubungan antara leher femur dengan badan tulangnya. Di femoral anteversion, ketika lutut kita mengarah secara anterior, leher femurnya mengarah lebih condong ke depan dibanding posisi normalnya. Kalo femoral retroversion, ketika lulut kita mengarah secara anterior, leher femurnya lebih condong ke arah belakang dibanding posisi normalnya. Gambar di bawah ini bakal memperjelas apa yang gue maksud barusan.


http://classconnection.s3.amazonaws.com/177/flashcards/977177/jpg/anteversion1326854678289.jpg

Angulation atau bowing deformities
Gue gak tau bahasa Indonya, jadi gue akan tetap pake istilah Inggrisnya oke! Nah, angulation ini terjadi umumnya di bagian tulang panjang yang mengalami fraktur, tapi bisa juga terjadi di tulang yang normal juga. Mungkin bisa dibilang secara blak-blakan, tulangnya bengkok atau jadi keliatan bengkok, tergantung kelainannya ada di bagian mana.

Varus dan valgus
Istilah varus dan valgus umumnya digunain buat mendeskripsikan adanya tulang yang bengkok (again.. atau keliatan bengkok) di daerah tungkai bawah. Biasanya sih terjadinya di bagian sendi, bagian tulang yang dekat sendi, tapi bisa juga di badan tulangnya sendiri.

Varus
Varus adalah istilah yang digunakan untuk menyebut adanya pembengkokan tulang yang membentuk garis imajiner lingkaran. In easy words, bengkoknya ke arah dalem. Seperti yang gue bilang tadi, varus biasanya dipake buat nyebut bengkok di tungkai bawah, tetapi di bagian lengan juga bisa terjadi varus. Cubitus varus adalah berkurangnya sudut normal yang terbentuk pada siku, sehingga keliatannya seperti bengkok ke arah dalam. Lalu ada coxa vara yang merupakan kelainan berupa berkurangnya sudut normal yang terbentuk pada hubungan antara leher femur dengan badan tulangnya (sudutnya kurang dari 130 derajat, di mana normalnya adalah 130 derajat). Kemudian genu varum, yaitu keadaan di mana ketika kaki ketika sejajar bersebelahan, tungkai bawahnya terlihat seperti membentuk huruf O. Umumnya sih kita sebut dengan kondisi bow legHeel varus, yaitu keadaan berkurangnya sudut normal antara kaki dengan betis seperti pada posisi inversi. Talipes equinovarus, yaitu kelainan inversi pada kaki yang juga sekaligus mengalami equinus pada ankle. Biasanya kita sebut juga dengan istilah club foot. Metatarsus varus atau yang disebut juga dengan metatarsus adductus, yaitu kelainan di mana kaki kita membengkok ke arah dalam atau mengalami adduksi antara kaki bagian depan dan belakang sehingga terbentuk seperti ginjal. Terakhir adalah hallux varus, yaitu adanya deformitas adduksi pada jempol kaki dengan sendi metatarsophalangeal. Sekian tentang varus, lebih jelasnya kita lihat gambar di bawah :) Oh iya, i forget to mention before. Adduksi adalah gerakan atau posisi mendekati tubuh. Inget yo!

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/27/Cubitus_varus_and_cubitus_valgus.png/220px-Cubitus_varus_and_cubitus_valgus.png


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/34/FemurAngles.jpg


http://img.tfd.com/mk/G/X2604-G-14.png


http://www.footpainreliefstore.com/images/d_varus.JPG


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBiUhkGqc6cknGhGKUjZyDDpmtF0rj4ZESBdZsObxbWMduuoTHbKtPbUTmjgl-lD44TccyYk2W4iFcMidYsHeyelYXnz9ajTuU15L7Nxs2HWF5MT2IW4eAI6Mxxg1U2TVY7CWGJ2SJWEIC/s1600/C+F.jpg


http://www.orthoanswer.org/images/anatomy/foot-ankle/di-Metatarsus-Adductus-600.jpg


https://static.shopify.com/s/files/1/0059/0122/assets/AOC_hallux_varus.jpg

Valgus
Sangat simpel ketika kalian udah paham tentang varus. Valgus adalah posisi kebalikan dari varus. Kalo varus membengkoknya ke arah dalam, valgus ke arah luar. Semua istilah yang dipakai sama, seperti yang dibahas di bagian varus. Hanya berbeda arahnya saja. So cukup pahami varus aja dan kalian pasti ngerti valgus juga :) Tapi biar lebih mudah, gue tetep akan tulis secara singkat dan padat istilah-istilahnya. Cubital valgus: bertambahnya besar sudut di siku. Coxa valga: bertambahnya sudut antara leher femur dengan badan tulangnya (lebih dari 130 derajat). Genu valgum: di Indo kita lebih sering sebut dengan kaki bentuk X. Di luar sana istilahnya adalah knock-knee. Heel vagus: sudut antara pertemuan betis dan kaki bertambah, terlihat seperi eversi. Talipes calcaneovalgus: kombinasi antara eversi di kaki dengan calcaneus di ankle. Hallux valgus: abduksi pada jempol kaki dengan sendi metatarsophalangeal.

http://img.tfd.com/mk/T/X2604-T-02.png

Seperti gambar yang ada di atas, penggunaan istilahnya tinggal digabung-gabung aja kalo ada kelainan yang terjadinya bersamaan. So, kalian ga usah pusing-pusing amat ngapalin setiap jenisnya. Cukup apalin kata kuncinya aja seperti equinus, cavus, varus, dan valgus.

That's all buat beberapa istilah medis sederhana yang biasa dipake di pelajaran tentang muskuloskeletal. Masih banyak yang belom gue cantumin di sini, karena sekali lagi gue hanya masukin yang kira-kira cukup penting dan basic untuk dipahami. So, semoga post gue berguna and finally... HAVE A GOOD DAY :)

No comments:

Post a Comment